Yogyakarta Terpilih Tuan Rumah Kejuaraan Catur Dunia

Yogyakarta
Yogyakarta Terpilih Tuan Rumah Kejuaraan Catur Dunia. (krjogja)

Terkini.id, Yogyakarta – Yogyakarta dipercaya untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Catur JAPFA Grand Master dan Women Grand Master Tournament (GM & WGM Tournament) di Hotel Grand Inna Garuda, Yogyakarta, 13-21 Juni 2019 mendatang.

“Dulu 35 tahun Yogyakarta pernah menjadi tuan rumah kejuraan catur internasional memperebutkan piala Tien Soeharto. Sekarang kami gelar lagi di Yogyakarta agar daerah akan terangsang untuk menghasilkan pecatur tangguh,” kata Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 11 Juni 2019.

Gelaran Kejuaraan Catur JAPFA Grand Master dan Women Grand Master Tournament (GM & WGM Tournament), kata Utut, sangat penting bagi para pecatur Indonesia untuk meningkatkan elo ratingnya, karena pecatur yang diundang untuk ambil bagian, adalah pecatur dunia yang memiliki prestasi bagus.

Sebanyak 12 pecatur asing akan ambil bagian dan event internasional tersebut. Yakni, lima pecatur putri IM Sophie Millet (Prancis), WGM Gong Qianyun(Singapura), WGM Keti Tsatsalashvili (Georgia), IM Alina L’ami (Romania), WIM Luong Phuong Hanh (Vietnam), serta WIM Rucha Pujari (India).

Mereka akan ditantang pecatur tuan rumah yang terdiri dari, WFM Chelsie Monica Sihite (elo rating 2212), EIM Dewi AA Citra (2205), WFM Umi Fisabililah (2201), WFM Monica Putri (2151), WFM Tammi Nasuha Nurdin (2125), dan WFM 0Zahra Chumaira (2112) yang akan bertanding sebanyak 11 babak memainkan catur klasik.

Menurut Utut Adianto, kehadiran pecatur top luar negeri ini selain menjaga kualitas turnamen Japfa ini juga menjajal kemampuan para pecatur tuan rumah.

Oleh karenanya, Utut berharap kesempatan berkompetisi dengan para pecatur asal luar negeri ini sangat harus dimanfaatkan maksimal oleh para pecatur nasional dalam upaya meningkatkan elo rating mereka. Terutama para pecatur yang belum meraih gelar norma Women Grand Master (WGM).

”Minimal mereka harus meraih poin 8 untuk meraih Norma WGM di bagian putri dan 7,5 poin untuk meraih Norm GM di putra dari 11 babak yang dimainkan. Ajang ini juga sebagai persiapan menghadapi Kejuaraan Dunia 2019 mendatang,” ujarnya. (krjogja)

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Pemkot Jogja Berangkatkan 354 Jemaah Calon Hajji

Terkini.id, Yogyakarta - Sebanyak 354 jemaah calon haji Kota Yogyakarta yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 21 SOC diberangkatkan dari Balaikota Yogyakarta menuju Asrama