Wawali Heroe Poerwadi Kukuhkan 38 Anggota Paskibraka Yogyakarta

Terkini.id, Yogyakarta – Sebanyak 38 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Yogyakarta tahun 2019 dikukuhkan oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi di Balai Kota Yogyakarta, Kamis, 15 Agustus 2019.

Pasukan inilah yang nantinya akan mengibarkan bendera merah putih di Balai Kota Yogyakarta saat upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-74 RI pada Sabtu 17 Agustus 2019.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menerangkan jika anggota Paskibra yang telah dikukuhkan merupakan generasi muda pilihan yang merupakan ujung tombak dari pembangunan dan kesatuan bangsa.

“Mereka adalah generasi pilihan yang maju dan menjadi ujung tombak dari pembangunan dan kesatuan bangsa,” ucapnya.

Heroe mengungkapkan, menjadi anggota Paskibraka bukanlah hal yang mudah. Mereka harus memahami makna mempertahankan harkat dan martabat bangsa.

“Mengibarkan bendera berarti menghidupkan perjuangan para pahlawan bangsa dalam merebut kemerdekaan dari penjajah,” tegas Heroe.

Menjadi seorang Paskibraka, sambungnya, sama dengan mengajarkan arti nasionalisme dan patriotisme kepada masyarakat.

Dalam arahannya, Heroe juga mengingatkan amanah menaikkan bendera merah putih tidak mudah. Untuk itu Ia berpesan agar anggota Paskibraka bisa melaksanakan tugas dengan baik.

Pihaknya berharap anggota Paskibra Kota Yogyakarta yang telah dikukuhkan dapat menjadi contoh keteladanan, bermoral, dan memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi bagi masyarakat di sekitarnya.

“Dapat menjadi contoh keteladanan, bermoral, dan memiliki jiwa nasional yang tinggi bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarnya,” imbuhnya.

Ia berpesan kepada anggota Paskibraka Kota Yogyakarta untuk menjadi penggerak cinta tanah air di lingkungan masyarakat.

“Pesan saya adalah apa yang telah kalian alami sekarang ini, bersatu, bersama-sama, kompak di dalam mengemban tugas menjelang 17 Agustus nanti, jadikan pula satu kebiasaan dan keyakinan hidup kalian kelak,” ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, wujudkanlah rasa syukur atas prestasi yang kalian raih saat ini dengan terus mengasah kemampuan, menjaga sikap dan perilaku maupun sopan santun, serta senantiasa menanamkan nasionalisme dalam diri kalian.

Selain itu, Heroe juga meminta mereka untuk mematangkan latihan. Pada puncak gladi bersih pun Heroe ingin tidak ada kesalahan sekecil apapun.

“Masih ada hari untuk berlatih, terus serius dan jangan ada kesalahan sedikitpun dalam mengemban amanah ini,” tandasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Optimalkan Efektivitas Program, Pemkot Yogya Gelar FGD

Terkini.id, Yogyakarta - Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Yogyakarta mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dalam upaya meningkatkan efektivitas program yang telah dijalankan Pemerintah Kota