Wawali Heroe Poerwadi Jadi Abdi Dalem Keraton Kesultanan Yogyakarta

Wawali Heroe Poerwadi Jadi Abdi Dalem Keraton Kesultanan Yogyakarta

Terkini.id, Yogyakarta – Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menjadi abdi dalem Keraton Kasultanan Yogyakarta. Ia mengikuti wisuda abdi dalem di Bangsal Kasatriyan Keraton Kasultanan Yogyakarta, Senin 7 Januari 2019, bersama puluhan abdi dalem lainnya.

Pada Wisuda Abdi Ndalem 29 Bakda Mulud Be 1952 ini Heroe Poerwadi mendapat gelar Bupati Anom dari  Kraton Ngayogyakarta Hadinigrat. Total ada 262 orang yang mengikuti prosesi wisuda abdi dalem pada kesempatan ini.

“Saya mendapat nama Mas Rio Projoporwadi, Projo berarti pemerintahan, mungkin karena saya berada di pemerintahan maka nama saya dikasih nama projo,” ucap Heroe usai mengikuti prosesi wisuda abdi dalem di Bangsal Kasatriyan Keraton Kasultanan Yogyakarta.

Setelah diwisuda menjadi Abdi Dalem Reh Keprajan, selanjutnya Heroe akan mengembang tugas untuk menjaga serta melestarikan budaya Yogyakarta sementara di dalam pemerintahan Ia akan melaksanakan visi misi nilai Keistimewaan Yogyakarta.

Menurutnya ini bagian dari melaksanakan visi misinya sebagai Wakil Walikota sekaligus menjadi tanggung jawab sebagai warga Yogaykarta.

“Sebagai warga Yogyakarta harus melestarikan dan menjaga budaya yang ada di Yogyakarta, apalagi dalam visi misi kita juga berdasarakan nilai-nilai keistimewaan,” ujarnya.

Jadi, sambungnya, kita mau membangun Yogyakarta yang nyaman yang memiliki daya saing kuat yang memberdayakan masyarakat dasaranya adalah nilai nilai keistimewaan ini.

Dengan gelar tersebut, Heroe berharap akan semakin kuat dan termotivasi dalam mengemban tugasnya sebagai Wakil Walikota Yogyakarta.

“Termasuk nanti menjaga visualisasi Yogyakarta agar semakin baik lagi agar orang datang ke Yogyakarta aura dan aromanya sudah khas Yogyakarta,” cetusnya.

Untuk mendapatkan gelar ini, Heroe sebelumnya telah mengajukan diri untuk diwisuda menjadi abdi dalem Kraton. Kemudian mengikuti pelatihan selama tiga hari untuk mendalami filosofi Kraton hingga cara berpakaian.

Berita Terkait