Walikota Haryadi Suyuti Dorong Bank Jogja Terus Kembangkan Inovasi

Bank Jogja
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat Pelantikan Direktur Kepatuhan PD BPR Bank Jogja

Terkini.id, Yogyakarta – Semakin pesatnya perkembangan teknologi di dunia perbankan, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti mendorong Bank Jogja untuk terus mengembangkan inovasinya sehingga terus mampu bersaing di dunia perbankan.

“Dunia bisnis menuntut sebuah inovasi, sekarang ini industri perbankan sedang berkopetisi sangat ketat dengan sejumlah layanannya,” ucap Haryadi Suyuti saat Pelantikan Direktur Kepatuhan PD BPR Bank Jogja  Masa Jabatan 2019-2024, Selasa, 9 Juli 2019.

Menurutnya, unsur kepatuhan harus bersinergi dengan perkembangan dunia bisnis yang sangat pesat, dengan begitu, maka kompetensi perbankan bisa dicapai dengan baik.

Di era globalisasi saat ini, masih kata Haryadi, yang ditandai iklim persaingan yang tajam, peran lembaga keuangan khususnya perbankan semakin penting dan strategis bagi pemberdayaan masyarakat terutama untuk menggerakkan perekonomian.

Sebagai salah satu perusahaan daerah yang bergerak di sektor perbankan, tentunya Bank Jogja tidak dapat berdiam diri.

“Bank Jogja harus mempersiapkan diri dalam menghadapi kompetisi bisnis bank yang kian kompetitif melalui profesionalitas, kemampuan dan penguasaan informasi serta teknologi, termasuk penambahan struktur Direktur Kepatuhan melalui pelantikan pada kesempatan ini,” jelasnya.

Melihat perkembangan tantangan dan resiko usaha bank yang semakin besar, menurutnya diperlukan berbagai macam upaya untuk mengurangi resiko tersebut.

Oleh karena itu, sambungnya, diperlukan adanya peningkatan peran dan fungsi kepatuhan serta satuan kerja kepatuhan dan manajemen risiko dalam pengelolaan risiko kepatuhan. Termasuk menerapkan program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU dan PPT) secara komprehensif.

“Kepatuhan hanya akan efektif penerapannya jika terdapat kesungguhan dan komitmen tinggi dari manajemen puncak (direksi dan komisaris), termasuk para pejabat eksekutif organisasi tersebut,” kata Haryadi.

Keberadaan kebijakan dan prosedur kepatuhan yang telah ditetapkan harus diupayakan semaksimal mungkin oleh seluruh jajaran manajemen sesuai dengan tugas, tanggung jawab dan wewenangnya masing-masing.

Pada kesempatan itu, Haryadi Suyuti melantik Helpiati Tarigan sebagai Direktur Kepatuhan PD BPR Bank Jogja  Masa Jabatan 2019-2024.

Pihaknya berharap Direktur Baru tersebut mampu secara konsisten menerapkan prinsip Good Corporate Governance, menjalankan roda perusahaan berdasarkan indikator kinerja dan sasaran perusahaan.

“Kami yakin Saudara Helpiati Tarigan dapat segera beradaptasi dengan tanggung jawab yang diberikan, sebab ini bukanlah hal baru bagi Saudara karena sudah memakan asam garam berkecimpung di bidang perbankan serta menjabat sebagai Direktur Kepatuhan SDM dan Umum,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Walikota Haryadi Suyuti juga meninjau mesin ATM Bank Jogja yang akan segera dioperasikan tahun ini. Mesin tarik tunai ini sudah disiapkan di tiga titik lokasi yakni XT Square, Kantor Cabang Gedongkuning dan Kantor Pusat Patangpuluhan.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Begini Cara Pemkot Yogya Tingkatkan Kualitas UMKM

Terkini.id, Yogyakarta - Sebagai Kota Wisata, Pemerintah  Kota Yogyakarta sampai saat ini terus berupaya meningkatkan kualitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hingga saat ini,