Wagub Sri Paduka Paku Alam X Buka Pameran Hasil Penelitian Dispora DIY

Wagub DIY
Wagub Sri Paduka Paku Alam X Buka Pameran Hasil Penelitian Dispora DIY

Terkini.id, Yogyakarta – Dua ratus empat puluh lima judul/kelompok hasil penelitian dari tiga ribu proposal yang masuk di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dispora) DIY dipamerkan di Taman Budaya Pengasih, Kulon Progo selama 3 hari, pada 17-19 Juli 2019.

Pameran hasil penelitian ini bertajuk ‘Gelar Karya-Pameran Penelitian dan Kewirausahaan (Sagasitas Research Exhibition (SRE) Siswa SMA/MA se-DIY Tahun 2019. Acara ini sekaligus memperingati 10 tahun pembinaan klinik sains dan 15 tahun Sagasitas Community Disdikpora DIY.

Menurut Kepala Dinas Drs.Kadarmanta Baskoro Aji Gelar Karya- Pameran Penelitian dan Kewirausahaan yang digelar 3 hari tersebut merupakan program tahunan yang memaski tahun ke-IX wujud dari binaan para pakar dari berbagai universitas dan tim mentor Sagasitas.

Adapun yang akan ditampilkan dalam pameran ini selain hasil karya penelita Siswa SMA/MA juga hasil inovasi teknologi dari universitas seperti Mobil Semar dari UGM dan Tim Kapal Ropot dari UII, Robotic Team (GMRT) dari UGM, HMSAIG UGM, Acintyacnyata Speleological Club, serta kajian ilmiah astronomi oleh Tim Penjajah Langit.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X dalam sambutan tertulisnya yang di sampaikan Sri Paduka Paku Alam X Wakil Gubernur DIY selain mengepresiasi dan dukungan positif Gelar Karya Pameran Penelitian dan Kewirausahaan ( Sagasitas Research Exhibition – SRE) Siswa SMA/MA se-DIY Tahun 2019, juga menyatakan bahwa Pameran ini sangat penting karena sebagai ajang pembelajaran, promosi, penyebaran informasi berbagai teknologi sekaligus sebagai angkah persiapan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) dan Festival Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI Tahun 2019).

Ditambahkan Kepala Dikpora DIY bahwa selain Gelar Pameran hasdil penelitian juga akan diselenggarakan pentas seni siswa, Workshop untuk siswa SMP/MTs, SMA/MA, SMK se DIY, Workshop untuk guru pembimbing penelitian dengan mendatangkan para pakar dibidangnya.

Dibagian lain dalam sambutannya Gubernur lewat Paku Alam X menandaskan bahwa dapat menjadi media evaluasi, tolok ukur, sejauhmana para siswa secara langsung dapat mewujudkan/mengimplementasiokan ilmu yang telah diperoleh dari para pakar, baik dalam bidang inovasi teknologi maupun bidang kewirausahaan agar lebih memahami perkembangan teknologi ditenah situasi dan kondisi lingkungan yang semakin dinamis dan kompetitif.

“Inovasi sebagai salah satu indicator penilai indeks daya saing, dan ini ditetukan oleh banyak factor antara lain kesiapan dalam penerapan dan penguasaan teknologi, kemampuan berinovasi. Sehingga peran SRE sangat penting dalam mendukung program pengembangan industry,” ujar Gubernur.

“Karenanya melalui inovasi, transfer teknologi dan komersialisasi hasil SRE diharapkan akan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan daya saing dan produktivitas industry dan pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan rakyatnya,” terangnya.

Sementara itu Bupati Kulon Progo melalui sambutan tertulinya yang dibacakan Asiten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kulon Porgo Jumanto.SH selain mengucapkan terima kasihnya pada Panitia SRE karena Kulon Progo ditunjuk sebagai Tuan rumah SRE tahun 2019.

“Dengan digelarnya Karya – Pameran Penelitian dan Kewirausahaan ( Sagasitas Research Exhibition – SRE) Siswa SMA/MA se-DIY Tahun 2019 akan semakin mencerdaskan generasi muda/ siswa SMA/MA tidak hanya di DIY namun juga daerah lainnya,” ujar Bupati.

Mengakhiri sambutannya Gubernur DIY mengharapkan Pameran SRE ini dapat menjadi semangat kita semua, terlebih para siswa SMA/MA dalam berkarya dan berinovasi khususnya dalam rangka mempersiapkan diri dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa (OPSI) dan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Tahun 2019, yang pada akhirnya untuk mewujudkan Industri Nasional yang mandiri, kuat dan berdaya saing.

Pembukaan Pameran SRE selain ditandai dengan penyematan tanda peserta Pameran kepad 3 perwakilan peserta secara simbolis juga dilakukan peniunjauan ke stand pameran didamping Kepala Dinas Dikpora DIY, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Kulon Progo dan tamu undangan.

Turut memeriahkan pembukaan  Sagasitas Research Exhibition (SRE ) Tari angguk dari Gabungan SMA se Kecamatan Wates dan Paduan suara siswa-siswa SMA/MA se Kulon Porgo.

Komentar
Terkini