Tutup Persami Pramuka Peduli Penanggulangan Bencana, Ini Harapan Wawali Heroe Poerwadi

Terkini.id, Yogyakarta – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Yogyakarta bekerjasama dengan BPBD Kota Yogyakarta dan didukung oleh PMI dan Tagana Kota Yogyakarta menggelar Perkemanahan Sabtu Minggu/Persami tingkat penggalang se-Kota Yogyakarta  pada 2 – 3 November 2019 di halaman Balaikota Yogyakarta.

Menurut Tjahyo M. atau yang akrab disapa kak yoyok dari Kwarcab Kota Yogyakarta, kegiatan Persami Pramuka Peduli Penanggulangan Bencana Regu Penggalang Kota Yogyakarta, diikuti oleh 20 regu putri dan 17 regu putra.

Para penggalang dilatih tentang kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana agar memiliki pemahaman dan ketarmpilan dalam mengantisipasi bila terjadi bencana. Setelah menempuh teori dan praktek tentang pramuka peduli penanggulangan  bencana para siswa pun dievalusi melalui lomba dalam bentuk game.

Sementara menurut Hari Wahyudi, kepala BPBD Kota Yogyakarta menjelaskan bahwa Kegiatan Persami merupakan pembukaan dari Pekan Pengurangan Resiko Bencana yang diselenggarakan oleh BPBD Kota Yogyakarta.

Kami menggandeng sekolah untuk pendidikan kesiapsiagaan bencana berbasis sekolah, sedangkan di masyarakat kami menggandeng relawan yang tergabung dalam KTB dan KATANA.

Kegiatan Pekan Pengurangan Resiko Bencana, terdiri dari Persami, Pameran Pengurangan Resiko bencana yang diikuti oleh KTB dan KATANA, Lomba Pengurangan Resiko Bencana dan Apel Siaga Bencana, papar Hari.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi dalam sambutannya mengutarakan bahwa Pramuka Siaga Bencana merupakan upaya mitigasi bencana di lingkungan sekolah dengan sasaran Pramuka Penggalang.

“Melalui pendidikan mitigasi bencana sejak dini yang terukur diharapkan akan terbangun pemahaman dan tindakan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana,” kata Heroe, Minggu, 3 November 2019.

“Melalui Persami dan latihan lebih lanjut akan terbentuk siswa yang tanggap dan tangguh dalam mengantisipasi  bencana, sehingga akan dapat mengurangi potensi kerugian maupun jatuhnya korban jiwa,” sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan hadiah lomba untuk regu penggalang putra dan putri oleh Wakil Walikota Yogyakarta. Dengan hasil sebagai berikut untuk regu penggalang putra Juara 1 diraih oleh regu dari SMPN 13, juara 2 SMPN 8, juara 3 SMPN 1 Yogyakarta dan untuk regu puteri Juara 1 diraih oleh regu SMPN 6 Yogyakarta, juara 2 SMPN 8, juara 3 SMPN 11 Yogyakarta.

Berita Terkait
Komentar
Terkini