Tumbuhkan Semangat Persatuan, Kelurahan Karangwaru Gelar Malam Tirakatan

Tumbuhkan Semangat Persatuan, Kelurahan Karangwaru Gelar Malam Tirakatan

Terkini.id, Yogyakarta – Tirakatan merupakan acara yang jamak dilakukan oleh masyarakat Kota Yogyakarta di tanggal 16 Agustus malam. Acara tersebut digelar untuk menyambut datangnya hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Hal yang serupa juga dilakukan oleh warga Kelurahan Karangwaru. Sejak selepas Isya’ ratusan warga mulai dari anak-anak hingga orang tua mulai berkumpul untuk mengikuti acara tirakatan.

Selain untuk memperingati hari kemerdekaan dan mengenang jasa pahlawan yang telah gugur, acara tirakatan ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi seluruh warga.

Dalam acara tirakatan kali ini, ditampilkan beberapa hiburan seperti, jatilan anak, pentas musik, pemutaran video dokumenter kegiatan warga.

Hadir bersama warga, Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, pada kesempatan tersebut Ia mengatakan kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia merupakan hasil perjuangan para pahlawan pendahulu bangsa yang telah rela mengorbankan segenap jiwa raga bahkan nyawa dengan cara bahu-membahu tanpa mengenal perbedaan asal-usul untuk mewujudkan NKRI.

“Marilah kita bersama-sama memperingati hari kemerdekaan, untuk mengenang besarnya jasa para pahlawan yang telah mengusahakan berdirinya republik ini serta mewariskannya kepada kita untuk kita rawat dan kelola dengan baik,” katanya.

Melalui momentum tirakatan, Walikota menyebut bahwa peran serta dan wujud apresiasi atas kemerdekaan bangsa, hendaknya direpresentasikan melalui partisipai dan sumbangsih dalam turut membangun daerah.

“Mari kita kembangkan sikap handarbeni dan peduli yang kita mulai dari lingkup terkecil keluarga, tingkat RT, kampung, dan seterusnya. Dengan sumbangsih sekecil apapun sesuai peran dan fungsi kita, maka semua itu akan menjadi kontribusi yang luar biasa, untuk bagaimana kemajuan Kota Yogya ke depan,” tuturnya.

Ia pun meminta kepada seluruh warga untuk menjadikan semangat para pejuang dalam memperjuangkan Negara Republik Indonesia dapat ditiru dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Komentar
Terkini
News

Optimalkan Efektivitas Program, Pemkot Yogya Gelar FGD

Terkini.id, Yogyakarta - Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Yogyakarta mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dalam upaya meningkatkan efektivitas program yang telah dijalankan Pemerintah Kota