Tingkatkan Layanan Publik, Pemkot Teken MoU dengan Kemenag Yogyakarta

Tingkatkan Layanan Publik, Pemkot Teken MoU dengan Kemenag Yogyakarta

Terkini.id, Yogyakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus berkomitmen untuk meningkatkan layanan publik di Kota Yogyakarta.

Komitmen ini dibuktikan dengan penandatangan Mou antara Pemkot Yogya dengan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Yogya tentang Peningkatan Pelayanan Publik terkait Layanan Keagamaam Terpadu di Kota Yogya.

Seperti yang diketahui, Kantor Kemenag Kota Yogya memiliki fasilitas publik berupa Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang diluncurkan pada bulan Agustus tahun 2018.

Kepala Kantor Kemenag Kota Yogya, Nur Abadi menjelaskan bahwa kerjasama tersebut merupakan upaya sinergi antara program yang dimiliki Kemenag Yogya dengan Pemkot Yogya.

“Jadi sejak ditandatanganinya kerjasama ini PTSP Kemenag Kota Yogyakarta dapat diakses melalui aplikasi JSS (Jogja Smart Service),” jelasnya di aula kantor kemenag Kota Yogya, Selasa 8 Januari 2019.

Ia pun menjelaskan, jenis layanan PTSP Kemenag meliputi pelayanan informasi dan konsultasi, perizinan dan non-perizinan, pendaftaran haji, dan pengaduan.

Sementara saat ditanya terkait pelayanan yang paling banyak diakses oleh masyarakat, Ia mengungkapkan jika masyarakat paling banyak mencari informasi seputar haji.

“Ini juga yang termasuk dapat diakses melalui JSS. Nanti mereka bisa melihat waiting list haji,” ujarnya.

Dengan adanya PTSP yang dapat di akses melalui JSS ini, katanya, masyarakat dapat mengaksesnya dimanapun dan kapanpun. “Layanan PTSP ini pendaftaran pelayanan dapat dilakukan kapanpun dan dari manapun karena dapat diakses dengan smartphone,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, keunggulan dari aplikasi PTSP ini masyarakat dapat memantau progres penyelesaian pekerjaan melalui PTSP.

“Melalui website masyarakat juga dapat memantau sejauh mana proses penyelesaian permohonannyaa,” tuturnya.

Sementara itu Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti sangat mendukung apa yang sudah dilakukan oleh Kantor Kemenag Kota Yogya, pasalnya hal tersebut sejalan dengan konsep pembangunan Kota Yogyakarta sebagai Kota Cerdas.

“Dari manfaat dan keunggulan yang dimiliki oleh sistem PTSP, maka tingkat kinerja pelayanan akan bertambah ke arah yang lebih positif,” ujarnya.

Walikota pun berharap PTSP menjadi jawaban bersama Pemkot Yogya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Di mana masyarakat sangat dimudahkan dalam memperoleh dokumen administrasi atau perizinan, mengakses informasi terbaru, maupun dalam menyampaikan keluhan secara langsung terhadap pelayanan dari Pemerintah yang telah terintegrasi dengan berbagai instansi,” ujarnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Heroe Poerwadi Lepas Kontingen POPDA Yogyakarta

Terkini.id, Yogyakarta - Ajang bergengsi Pekan Olahraga Pelajar Daerah Tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta diapresiasi oleh Pemerintah Kota Yogyakarta yang diwakili oleh Wakil Walikota