Siap Juara, Posyandu Lada 11B Kelurahan Pakuncen Wakili Yogya

Terkini.id, Yogyakarta – Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Lada 11 B Kelurahan Pakuncen siap menjadi yang pertama dalam ajang Lomba Posyandu tingkat Provinsi DIY. Sejumlah program unggulan dinilai menjadi daya tarik Posyandu Lada 11 B.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Pelindungan Anak Kota Yogyakarta Tyasning Handayani Shanti menyampaikan bahwa keberhasilan Posyandu Lada 11 B merupakan hasil kerjasama kader-kader dengan masyarakat.

“Kerjasama yang solid antara kader-kader, pengurus dengan masyarakat menghasilkan sejumlah kegiatan berkualitas yang akhirnya mengantarkan pada sebuah prestasi,” ucapnya saat penerimaan Tim Verifikasi Lapangan Lomba Posyandu DIY di Gampingan, Kelurahan Pakuncen, Senin, 14 Agustus 2019.

Dikatakan, program Posyandu ini merupakan salah satu upaya untuk mencapai Jogja Sehat, dengan meningkatkan kualitas, kinerja kader, dan mengembangkan jumlah kelompok pelayaan terpadu di daerah.

“Peran serta masyarakat dalam kegiatan Posyandu menjadi salah satu indikator penilaian, ini sangat penting karena dengan partisipasi penuh dari warga maka kegiatan Posyandu akan lebih maksimal,” ujarnya.

Tyasning  menjelaskan, adanya lomba ini bertujuan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan Balita di Posyandu, meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan kader Posyandu, juga meningkatkan pengetahuan dan peran serta masyarakat akan pentingnya Posyandu dalam peningkatan gizi dan kesehatan.

Diharapkan, nantinya apabila salah satu Posyandu yang keluar sebagai juara akan menularkan ilmu nya kepada Posyandu lain, sehingga kemampuan kader Posyandu di Kota Surabaya akan merata.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Posyandu Lada 11 B Pakuncen Mariati mengaku optimis Posyandu besutannya ini akan menjadi juara di tingkat DIY sekaligus melaju ke tingat nasional menjadi wakil DIY.

“Dengan partisipasi masyarakat kami berhasil membuat sejumlah inovasi yang akhirnya juga bermanfaat untuk warga,” ucapnya.

Diantara program yang dilakukan yakni, Yoga Ibu Hamil, selain kelas ibu berupa materi mengenai kehamilan dan persalinan program ini juga mengajak ibu hamil yang sudah masuk semester dua untuk mengikuti yoga.

“Kami juga mempduksi teh kombuca, merupakan teh fermentasi yang bermanfaat untuk kesehatan,” imbuhnya.

Komentar
Terkini