Rumah Pemulung Dibedah, Polisi dan Warga Temukan Uang Puluhan Juta

Pengemis
Rumah Pemulung Dibedah, Polisi dan Warga Temukan Uang Puluhan Juta. (krjogja.com)

Terkini.id, Purworejo – Anggota TNI dari Koramil 01 Kodim 0708 dan Polres Purworejo, serta warga masyarakat terkejut saat melakukan bedah rumah warga miskin di Kelurahan Keseneng Kecamatan/Kabupaten Purworejo.

Tanpa diduga mereka menemukan uang jutaan rupiah dan perhiasan emas di tumpukan sampah yang menggunung di dalam rumah itu.

“Saya perkirakan harta itu masih ada banyak, karena kita baru berhasil membersihkan sampah sekitar 25 persen,” kata Komandan Koramil 01 Purworwejo Kapten Inf Kurdi di sela-sela kegiatan itu, Rabu 20 Maret 2019.

Bedah rumah milik Sutarman (57) di RT 02/RW 04 Kelurahan Keseneng ini dilakukan jajaran Kodim dan Polres Purworejo serta dinas dan instansi terkait karena kondisinya sangat memperihatinkan. Di dalam rumah berukuran 4×6 itu dipenuhi tumpukan sampah yang mayoritas plastik.

Sutarman beserta istrinya Ny Sutiyem (56) dan dua anaknya yang masih siswa MTs dan SMK, lebih banyak tidur di luar rumah. Suami istri ini kesehariannya bekerja sebagai pemulung. Namun fasilitas jaminan sosial lengkap dan tercafer semua.

“Kita melakukan perbaikan rumah agar layak huni,” tambah Kurdi.

Namun saat membersihkan rumah itu, di tumpukan sampah banyak ditemukan celana dan baju. Dari setiap saku yang ada penitinya ditemukan uang dalam bungkusan plastik.

Sementara dari sekitar 25 persen yang dibersihkan itu ditemukan uang sebesar Rp 34 juta, dan buku tabungan berisi Rp 8.325.62. Emas berupa kalung, cicin, dan gelang 22,5 gram. Kabarnya masih ada emas batangan yang belum ditemukan.

Ny Sutiyem mengaku lupa menaruh emas batangan yang dibelinya saat masih lajang.

“Uang yang saya tumpuk itu untuk kebutuhan anak sekolah. Emas saya beli saat masih lajang bekerja di Jakarta dan Bandung,” akunya.

Pasangan suami istri ini diketahui warga pernah mengindap gangguan jiwa, namun sering pula normal dan bekerja menjadi pemulung.

“Selama ini sering menjadi pemulung, dan terkadang pulang sampai larut malam,” kata Ketua RW 04 Kelurahan Keseneng H Yudo Sucahyono. (krjogja.com)

Komentar
Terkini
News

Pemkot Targetkan BPRS Yogyakarta Berdiri Tahun 2020

Terkini.id, Yogyakarta - Pemerintah Kota Yogyakarta merencanakan pendirian Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS). Ditargetkan berdiri pada 2020, BPRS Yogyakarta diharapkan bisa menjadi alternatif baru