Presiden Jokowi Bakal Resmikan KA Bandara Rute Klaten-BIAS Akhir Februari

Foto: Krjogja.com

Terkini.id, Yogyakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Kereta Api (KA) Bandara untuk rute Klaten – Bandara Internasional Adi Sumarmo (BIAS) Solo di akhir Februari 2020. Sebagai persiapan, PT. Kereta Api Indonesia (PT KAI) mengujicoba KA Bandara dari Stasiun Klaten menuju BIAS, Selasa dan Rabu (11-12/2/2020).

“Uji coba ini (KA Bandara) dilakukan dua hari (Selasa dan Rabu), kemudian Kamis kita evaluasi. Rencananya, peresmian oleh pak Jokowi pada 29 Februari 2020 dari Klaten ke BIAS,” ujar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan, Danto Restiawan, disela uji coba KA Bandara di Stasiun Klaten, Selasa, 11 Februari 2020.

Selama uji coba, lanjut Danto, masih digratiskan. Sedangkan tiket akan diberlakukan mulai 1 Maret atau setelah peresmian. Terkait besaran tiket masih menunggu hasil evaluasi selama uji coba. Menurut Danto, potensi rute Klaten – BIAS cukup bagus. KA Bandara merupakan bagian dari kereta api lokal.

“Rute Klaten – BIAS merupakan perpanjangan dari (rute sebelumnya) BIAS – Stasiun Solo Balapan. Keberadaan KA Bandara Klaten – BIAS ini untuk memudahkan masyarakat yang sedang menuju ke bandara,” ujarnya.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto, menambahkan, jarak Stasiun Klaten ke BIAS sekitar 44 kilometer. Sedangkan waktu tempuh saat uji coba perjalanan cukup cepat yakni dikisaran 1 jam. Uji coba sendiri dilakukan dengan tanpa penumpang umum. (Krjogja.com)

Berita Terkait
Komentar
Terkini