Peringatan HAN 2019, Pemda DIY Fokus Pemenuhan Hak Anak

Pemda DIY
Peringatan HAN 2019, Pemda DIY Fokus Pemenuhan Hak Anak

Terkini.id, Yogyakarta – Lebih dari 800 ribu anak di DIY merupakan investasi bagi masa depan. Terkait hal tersebut hak dan kebutuhan anak-anak harus terpenuhi sehingga ketersediaan SDM yang unggul untuk masa depan DIY tersedia dengan baik.

Hal demikian disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3Ap2) DIY Dra. Carolina Radiastuty, M.M pada Konferensi Pers Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2019 yang diikuti para wartawan DIY, Rabu, 17 Juli 2019, di Ruang Media Center, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Carolina menyampaikan, setiap anak harus mendapatkan kesempatan untuk berkembang secara optimal, memperoleh perlindungan serta mendapatkan haknya dengan adil.

Hasil dari pemenuhan ketiga aspek tersebut memang belum begitu terlihat saat para calon pemimpin bangsa ini masih kecil, namun beberapa dekade yang akan datang hasil yang positif akan terlihat.

Dalam rangka peringatan HAN DIY tahun 2019  pada 23 Juli mendatang ini, DIY turun mengambil peran. DIY menurut Carolina akan terus berupaya untuk memenuhi hak anak untuk mengembangaknb potensi mereka.

Mengambil tema ‘Hamemayu Sesanti Ajining Pertiwi’ atau ‘Membangun Identitas dan Karakter Anak untuk Berbangsa dan Bertanah Air Indonesia’, Carolina menyampaikan harapan agar anak-anak di DIY tumbuh menjadi pribadi religius, mandiri, peduli pada lingkungan dan sosial.

“Kami (DP3AP2) selalu mengupayakan perbaikan layanan baik dari sisi pendidikan maupun kesehatan. Namun demikian kami tidak bisa sendiri, harus ada dukungan dari stakeholder terkait. Dan paling utama adalah dukungan keluarga,” tandas Carolina.

Ada berbagai rangkaian acara yang digelar oleh DP3AP2 terkait HAN DIY 2019 ini. DP3AP2 telah selesai menggelar acara nonton bareng bersama anak-anak Film Petualanga Menangkap Petir, 6 Juli 2019, lalu.

Rangkaian acara berlanjut dengan talkshow, (11 Juli) di jogjaTV terkait dengan HAN 2019. Masih dalam satu rangkaian, (13 Juli) lalu ada visitasi ke Keraton Yogyakarta guna mengenalkan keistimewaan kepada anak-anak di DIY.

Rangkaian yang belum terlaksana dan menjadi catatan penting adalah adalah pelaksanaan upacara tepat pada peringatan HAN 2019, (23 Juli) yang harus digelar oleh setiap sekolah di DIY.

Dalam upacara tersebut, akan dibacakan sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Sambutan nantinya akan menitikberatkan kepada hal pemenuhan kebutuhan anak yang harus dipahami dengan baik oleh para guru serta murid.

DP3AP2 juga akan melakukan kunjungan ke Lembaga Perlindungan Khusus Anak (LPKA) kelas II di Wonosari. Acara tersebut nantinya akan dihadiri oleh para pemangku kepentingan di DIY, dari bupati/walikota hingga kepala SKPD terkait.

Kunjungan sekaligus pemberian remisi tersebut diharapkan mampu membangun optimisme anak-anak yang terjerat masalah hukum serta memotivasi mereka agar berperilaku positif.

Puncak acara akan digelar pada 8 Juli di Jogja Bay Waterpark, Sleman dengan diikuti oleh seribu peserta yang terdiri dari anak-anak, pendamping serta tamu undangan.

Carolina yang didampingi Kabag Humas Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY Ditya Nanaryo Aji, S.H., M.Ec.Dev. ini menyampaikan harapan selain agar rangkaian peringatan HAN di DIY berjalan lancar, namun juga apa yang menjadi misi dan visi Pemda DIY untuk mewujudkan SDM berkualitas ini tercapai.

“Mohon dukungan agar apa yang kami usahakan dan kami cita-citakan untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak kita ini nantinya bisa tercapai dan berjalan dengan baik dan lancar sesuai harapan,” tutup Carolina.

Berita Terkait
Komentar
Terkini