Pemkot Beri Penghargaan 5 Kecamatan Terbaik Se-Yogyakarta

Pemkot Beri Penghargaan 5 Kecamatan Terbaik Se-Yogyakarta

Terkini.id, Yogyakarta – Sebanyak lima Kecamatan di Kota Yogyakarta meraih penghargaan kategori Kecamatan berprestasi 2018. Lima Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Kotagede, Kecamatan Gondomanan, Kecamatan Mergangsan, Kecamatan Gondokusuman, dan Kecamatan Gedongtengen.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Sekda Kota Yogya, Titi Sulastri saat upacara bendera di halaman Balaikota Yogyakarta, Rabu 19 Desember 2018.

Kecamatan dengan nilai tertinggi memperoleh hadiah dari Pemerintah Kota Yogyakarta sebanyak Rp 15 juta, terbaik kedua sebanyak Rp 12,5 juta, terbaik ketiga sebanyak Rp10 juta, terbaik ke empat sebanyak Rp 7,5 juta, dan terbaik ke lima sebanyak Rp 5 juta.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Yogya, Zenni menjelaskan untuk proses awal penilaian dilakukan disetiap kecamatan terhadap berbagai aspek seperti pemerintahan, kewilayahan dan masyarakat.

“Instrumen yang digunakan sebagai dasar penilaian dan evaluasi di antaranya adalah kinerja pemerintahan, penggunaan teknologi informasi, tanggap bencana, inovasi, partisipasi masyarakat, investasi, pendidikan dan kesehatan,” jelasnya.

Hasil penilaian tersebut, lanjutnya, kemudian diverifikasi dan kemudian diverifikasi di tingkat Kota Yogyakarta.

Camat Kotagede, Nur Hidayat, mengatakan jika pihaknya bersyukur jika wilayah yang dipimpinya tersebut terpilih sebagai kecamatan dengan peringkat terbaik pertama dalam program evaluasi kecamatan tahun 2018.

Sementara itu Sekda Kota Yogya, Titik Sulastri meminta kepada Camat dan para lurah untuk terus berinovasi, dan terus bersinergi dengan RT/RW dan masyarakat.

Menurutnya lomba ini sangat bermanfaat, selain sebagai ajang kompetisi antar wilayah serta untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dari semua golongan dalam membangun wilayahnya.

“Masyarakat akan ikut aktif dalam memelihara dan meningkatkan kebersihan lingkungan baik lingkungan pekarangannya masing-masing maupun lingkungan sarana dan prasarana umum, dengan demikian dapat meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat,” katanya.

Ia berharap dengan prestasi yang sudah di raih oleh empat kelurahan ini dapat mendorong kelurahan lain agar terus menciptakan inovasi-inovasi baru di wilayahnya.

“Hal ini penting dilakukan sebagai alat untuk memotivasi kelurahan lain agar menjadi lebih baik serta untuk mendorong kelurahan supaya menciptakan inovasi-inovasi di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Wagub Paku Alam X Resmi Buka Porda DIY 2019

Terkini.id, Yogyakarta - Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY resmi dibuka pada Kamis, 10 Oktober 2019, malam di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta. Pembukaan secara resmi dilakukan