Optimalkan Peran Dasawisma, PKK Yogya Gelar Kegiatan Kesatuan Gerak

Terkini.id, Yogyakarta – Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Tim TP PKK Kota Yogyakarta mengadakan kegiatan Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga Kesehatan Tahun 2019 (KKG PKK-KKBPK-Kesehatan) di ruang Bima Balaikota Yogyakarta, Rabu, 21 Agustus 2019.

Untuk tema yang diangkat tahun ini “Melalui Kegiatan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Kita Tingkatkan Peran Dasawisma dalam Mendukung Germas dan Kampung KB”.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta, Tri Kirana Muslidatun dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan KKG PKK-KKBPK-Kesehatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Kegiatan tersebut merupakan gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga dengan 10 program pokok PKK, khususnya program 7,9 dan 10 (kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat) yang bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan dari masing-masing keluarga.

“Untuk mencapai kegiatan ini perlu sinergitas dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait secara berkesinambungan dan melibatkan masyarakat khususnya PKK secara berjenjang dimulai dari Dasawisma,” tuturnya.

Peran Dasawisma merupakan peran yang strategis untuk melaksanakan pendataan warga, melalui kader yang mendata 10-15 warga dalam satu Dasawisma yang akan direkap ditingkat RT, RW dan Kelurahan merupakan data yang valid sehingga dapat digunakan untuk perencanaan program KB dan pelayanan lain yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat.

Melalui Kelurahan Siaga yang merupakan wadah kegiatan yang ada di masyarakat diharapkan masalah kesehatan, kependudukan dan KB dapat segera teratasi.

“Rangkaian kegiatan KKG PKK-KKBPK-KES akan dinilai mulai tanggal 4-26 September 2019. Meliputi kegiatan kesatuan gerak PKK KKBPK KES, lingkungan bersih dan sehat, PHBS di rumah tangga. Untuk itu marilah kita laksanakan semua kegiatan ini secara berkesinambungan terus menerus untuk hidup sehat dan sejahtera,” tambahnya.

Sementara itu, Aman Yuriadijaya Asisten Bidang Umum Walikota Kota Yogyakarta menambahkan, seiring dengan berjalannya waktu, di mana dinamika kehidupan pun berubah Gerakan PKK diharapkan dapat mengatasi masalah yang ada di masyarakat.

“Perlu dimantapkan peran masyarakat dalam program peningkatan kesejahteraan keluarga, dengan memberdayakan program Keluarga Berencana serta program pembangunan kesehatan nasional sebagai satu keterpaduan yang utuh,” katanya.

PKK harus meningkatkan kemitraan dengan Dinas dan lembaga lain, seperti Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Dinas Kesehatan, DPPA serta mitra kerja yang berpartisipasi dalam KKG PKK.

“Tidak lupa saya memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada segenap pengurus serta anggota Tim Penggerak PKK di berbagai tingkatan hingga kader di lapangan, mari kita tetap semangat dan perjuangan kita jangan sampai kendur dalam  menggerakkan dan membangun kesejahteraan dan kesehatan masyarakat terutama fokus melalui Ibu-ibu, anak-anak dan keluarga,” tambahnya.

Ia juga berharap basis pembinaan PKK yang terdepan di masyarakat yakni Dasawisma dapat digerakkan lebih aktif lagi. Karena dengan aktifnya dasa wisma, maka keberhasilan pembangunan kesejahteraan keluarga, keluarga berencana dan kesehatan tentunya juga akan dapat meningkat, tepat guna, tepat sasaran memberikan manfaat.

Komentar
Terkini