Manjakan Para Pembaca, BIANCA Hadir di Perpustakaan Yogya

Terkini.id, Yogyakarta – Perpustakaan Kota Yogyakarta layak menjadi solusi bagi para kutu buku yang ingin memanjakan dengan koleksi judul yang banyak dan beragam. Apalagi dengan hadirnya ‘BIANCA’ semakin memperkaya judul buku di perpustakaan yang berada di Jalan Suroto ini.

BIANCA alias Bank Indonesia Corner Untuk Anda adalah anjungan khusus berisikan buku-buku ekonomi, keuangan, perbankan, enterpreuner, dan juga buku motivasi. Buku-buku tersebut dijajar pada rak artistic.

Berada di lantai dua Perpustakaan Kota Yogyakarta, BIANCA dilengkapi dengan sofa yang bakal menambah kenyamanan para pembaca.

Selain deretan buku-buku baru yang tentu menarik, anjungan yang baru saja diresmikan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti ini juga menyediakan TV LED dan Komputer.

Fitur layanan BIANCA meliputi referensi, baca di tempat, layanan pinjam tempat untuk diskusi atau aktivitas literasi, layanan audio visual dan layanan Siska (sistem informasi interaktif dengan pemustaka).

“Kami berharap BIANCA menjadi pusat referensi ekonomi dan bisnis yang nantinya bisa menjadi bekal para generasi muda ke depan,” ucap Haryadi Suyuti saat meresmikan BIANCA siang ini, Selasa, 28 Januari 2020.

Berada tidak jauh dari jantung Kota Yogyakarta, yakni diantara Jalan Suroto dan Jenderal Sudirman yang baru saja dipercantik dengan Pedestrian baru, Perpustkaan Kota Yogyakarta dibuka 24 jam dalam tujuh hari kerja dalam satu minggu.

“Keberadaan perpustakaan ini juga kami dorong agar lebih nyaman terlebih aksesnya mudah dan dekat dengan pedestrian Jalan Suroto dan Jenderal Sudirman,” ucap Haryadi.

Dengan hadirnya BIANCA ini, Pihaknya juga berharap bisa memperkuat program literasi di Kota Yogyakarta sehingga bisa memicu semangat warga untuk terus membaca buku.

“Ini adalah pusat literasi masyarakat, sehinggga masyarakat memiliki referensi yang akurat,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko menyampaikan, tingkat kunjungan perpustakaan yang Ia gawangi tersebut sudah mencapai angka 3000 orang setiap harinya.

“Pemustaka yang berkunjung terdiri dari siswa TK hingga mahasiswa dan juga masyarakat umum,” terangnya.

Jumlah tersebut, sambungnya, merupakan pengunjung Perpustakaan Kotabaru, Pevita dan layanan perpustakaan keliling (Bili, Moli, Monika, Puspita dan Lestari).

Lebih lanjut Wahyu menjelaskan, BIANCA merupakan bentuk kepedulian Bank Indonesia terhadap dunia pendidikan dengan memberikan pemahaman masyarakat terkait bidang ekonomi.

Perpustakaan Kota Yogyakarta terpilih sebagai penerima manfaat tersebut untuk diteruskan kepada seluruh pemustaka.

“Kehadiran BIANCA menjadi pelengkap bagi 41 layanan perpustakaan lainnya yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Kota Yogyakarta,” imbuhnya.

Pihaknya mengapresiasi Bank Indonesia yang tidak saja berfokus pada bidang moneter tetapi juga masih berupaya menebar manfaat untuk mengembangkan literasi.

Kehadiran BIANCA di Perpustakaan Kota Yogyakarta menjadi pelengkap bagi kawasan pedestrian Kotabaru sebagai titik pusat keramaian baru yang semula berpusat di sumbu imajiner Malioboro-Tugu ke sumbu Kridosono- Jl Suroto –  Jl Jendral Sudirman.

Komentar
Terkini