Malioboro Jogja Bakal Disulap Jadi Panggung Ekspresi

Malioboro Jogja
Malioboro Jogja Bakal Disulap Jadi Panggung Ekspresi

Terkini.id, Yogyakarta – Malioboro adalah panggung terpanjang yang bisa dimanfaatkan sebagai ajang ekspresi di objek kebudayaan. Panggung Malioboro ini tidak hanya sekadar menampilan kesenian semata, tetapi sekaligus objek lainnya setelah dicanangkan sebagai kawasan semi pedestrian nantinya.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY Aris Eko Nugroho mengatakan, pihaknya akan mencermati titik-titik di sepanjang Malioboro yang bisa dimanfaatkan sebagai panggung ekspresi. Disbud DIY berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata (Dispar) DIY terkait rencana ekspresi yang ditampilkan agar tidak berbenturan satu sama lain.

“Kami mencoba untuk berkolaborasi bersama, ada keinginan menampilkan Pantomim, Art For Children (AFC) Taman Budaya Yogyakarta (TBY) dan sebagainya. Banyak yang bisa kami tampilkan di Malioboro karena yang kita kerjakan berkaitan dengan objek kebudayaan,” ujar Aris, Kamis, 27 Juni 2019.

Aris menjelaskan, pemanfaatan Malioboro tersebut dimungkinkan akan masuk kalender event pariwisata DIY guna menambah daya tarik bagi wisatawan kedepannya. Namun brand-nya masih dibahas seperti Yogya Selasa Wagen atau Malioboro Selasa Wagen dan lainnya masih dalam pembahasan.

Apabila kebijakan penerapan kawasan semi pedestrian di Malioboro berlanjut, Disbud DIY tengah bersiap untuk mengisi panggung Malioboro seoptimal mungkin.

Komentar senada diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo. Menurut Singgih, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan DIY maupun stakeholders terkait kesenian yang nantinya akan ditampilkan di Kawasan Semi Pedestrian Malioboro.

Bahkan saat ini pihaknya sudah mulai melakukan identifikasi berkaitan dengan jenis kesenian yang akan ditampilkan pada sore hingga malam hari. Khususnya saat Selasa Wage, kawasan Semi Pedestrian Malioboro direncanakan bebas dari kendaraan roda dua dan empat. (krjogja)

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Seleb

Ayu Ting Ting Diminta Sang Ibu Nikah Lagi

Terkini.id – Setelah menikah dengan Henry Baskoro Hendarso (Enji) pada 4 Juli 2013 silam, Ayu Ting Ting melahirkan sang buah hati, Bilqis. Namun sayang pernikahan