Lolos Seleksi, Satu Anggota Paskibraka Yogyakarta Maju di Tingkat Nasional

Paskibraka Yogyakarta
Lolos Seleksi, Satu Anggota Paskibraka Yogyakarta Maju di Tingkat Nasional

Terkini.id, Yogyakarta – Dinas Pemuda dan Olahraga telah selesai melaksanakan Seleksi Paskibraka Kota Yogyakarta Tahun 2019. Sebanyak 38 Siswa bertugas sebagai Calon Paskibraka Kota Yogyakarta, 7 Siswa mewakili Kota Yogyakarta bertugas sebagai Paskibraka di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, serta satu siswa bertugas sebagai Paskibraka di Tingkat Nasional.

Kepala Seksi Pemninaan Pemuda, Husni Eko Prabowo mengatakan berdasarkan kegiatan seleksi Pemilihan Calon Paskibraka Tingkat Kota Yogyakarta telah dilaksanakan pada tatebenggal 30-31 Maret dan 1-2 April 2019.

Seleksi ini diikuti oleh 275 peserta seleksi dari SMA/SMKA di Kota Yogyakarta.

“Kuota berdasarkan prestasinya, Kota Yogyakarta yang menentukan sesuai dengan Keaktifan mereka disekolah dan PBB yang mereka jalani selama ini,” ungkapnya

Pada tahapan seleksi dibagi menjadi 4 tahap, yaitu Tahap seleksi Postur, yang menyeleksi   dari 275 peserta menjadi 150 peserta.

Tahap Seleksi Jasmani, menyeleksi dari 150 peserta menjadi 80 Peserta untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Tahapan Seleksi Wawancara Kota, menyeleksi 80 peserta menjadi 46 peserta yang sudah berhak untuk menjadi Calon Paskibraka Kota Yogyakarta Tahun 2019.

Tahap pelatiahan Paskibraka ini akan dilaksanakan di Balaikota Yogyakarta mulai tanggal 26-9 Agustus 2019.

Tahap selanjutnya yakni Tahap Seleksi Provinsi,menyeleksi 46 pesserta yang sudah menjadi Calon Paskibraka Kota Yogyakarta untuk diseleksi mewakili Kota Yogyakarta seleksi ke Tingkat Provinsi berjumlah 16 peserta.

Sehubungan dengan hal tersebut semua siswa-siswi yang terpilih menjadi Paskibraka tingkat  Provinsi DIY yakni terdapat tujuh pelajar masing masing M Restu Agam (SMA N 1), Malika Abimanyu (SMA N 2), Rizky Ramadhan Syahri (SMA N 3), M Kurniawan (SMKN 3), Latifa Hanum Zain (SMAN2), Riris Santiyati (SMKN 3) serta Alifa Tanzila Azmi (SMK SMTI).

Selain itu, Paskibraka yang akan bertugas di Tingkat Nasional adalah Galuh Kumala Hapsari pelajar dari SMAN 8 Yogya. Mereka berkumjung ditemani pembimbing ke Pemerintah Kota Yogyakarta, yang ditemui secara langsung oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.

Kesempatan ini para peserta meminta Doa restu serta arahan dalam menjalankan tugasnya. Pertemuan ini dilaksanakan di Ruang Sadewa, Balaikota Yogyakarta, Jumat, 19 Juli 2019.

“Terus membawa nama baik Kota Yogyakarta, agar orang memandang Yogya melalui adek-adek pembawaan disiplin dalam proses putusan atau temen-temen yang terpilih bisa mengharumkan Kota Yogyakarta,” ungkap Heroe Poerwadi.

Heroe Poerwadi mengatakan, yang dipilih memang sudah terseleksi dari sekolah, proses ini memberikan kesempatan untuk semua peserta menjadi yang terbaik.

“Secara tersirat ini adalah amanah, bisa menjadi spirit untuk menunjukkan eksistensi kita. Terpilihnya untuk mengibarkan bendera, menjadi perhatian dan sorotan banyak orang, disamping itu mengembangkan amanah Nasionallistik, tidak semua orang memiliki kesempatan dan keinginana kesampaian seperti kalian,” ungkapnya.

Disamping itu, Heroe Poerwadi juga mengungkapkan bahwa yang sangat dijaga adalah kesehatan dari tiap peserta, karena kesempatan langka menjadi Paskibraka yang di percaya dalam bertugas di tingkat Provinsi DIY dan Tingkat Nasional.

“Kesempatan ini tolong dijaga, karena ini kesempatan langka, disiplin untuk diri sendiri dan nama baik Kota Yogyakarta. Bisa membawa kebanggaan yang bisa teman-teman rasakan yakni success story untuk lebih baik lagi dan bisa mengembangkan dengan sukses bekal bagi adek-adek untuk mencintai apa yang sudah dilakukan dengan disiplin, lakukan dengan penuh keseriusan enjoy menikmatinya,” katanya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini