Komunitas Tionghoa JCACC Bakal Gelar Perayaan Imlek 2019 di Yogyakarta dengan Meriah

Komunitas Tionghoa JCACC
Komunitas Tionghoa JCACC Bakal Gelar Perayaan Imlek 2019 di Yogyakarta dengan Meriah

Terkini.id, Yogyakarta – Perayaan Imlek di Yogya bakal berlangsung meriah pada Selasa 5 Februari 2019 mendatang.

Selain menampilkan berbagai kegiatan budaya Tionghoa, perayaan Imlek juga akan dilaksanakan selama tujuh hari penuh untuk menghibur masyarakat Yogya.

Ketua Umum Komunitas Tionghoa Jogja Chinese Art and Culture Center (JCACC), Harry Setio mengatakan saat ini perayaan Imlek bukan hanya milik warga Tionghoa saja melainkan seluruh masyarakat. Keragaman budaya inilah yang kemudian menjadi modal memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Karena ini pesta rakyat. Kita berikan ini untuk Yogya, supaya masyarakat ikut memeriahkan,” jelas Harry Setio saat bertemu Direktur Utama PT BP Kedaulatan Rakyat dr Gun Nugroho Samawi di ruang dirut, Sabtu 2 Februari 2019.

Turut hadir mendampingi Direktur Keuangan Imam Satriadi SH, Direktur Pemasaran Fajar Kusumawardhani SE dan Direktur Produksi Baskoro Jati Prabowo SSos.

Akademisi dari FIB UGM, Fahmi Prihantoro yang hadir dalam kesempatan ini juga mengatakan sebenarnya pertemuan budaya Tionghoa dan Jawa telah terjadi jauh saat jaman kerajaan di nusantara.

Kala itu, kata dia, budaya Tionghoa masuk dan bercampur dengan adat Majapahit yang kemudian menyebar ke tanah air sehingga dikenal hingga sampai saat ini.

“Yang menarik sebenarnya¬†selama ini budaya Tionghoa malah dianggap asing. Tetapi jika kita runut dari kerajaan Majapahit, ternyata orang-orang Tionghoa cukup mempengaruhi kebudayaan yang ada di Majapahit,” ujar Fahmi.

Sementara itu dr Gun Nugroho Samawi berpesan agar momentum Imlek dapat dipergunakan untuk memperkuat tali persatuan dan kesatuan bangsa di tengah masyarakat.

“Dari perayaan ini diharapkan mampu menggali budaya-budaya yang ada baik Tionghoa maupun kesenian asli tanah air,” pungkasnya. (krjogja.com)

Komentar
Terkini