Ikuti Rapat Paripurna DPRD DIY, Gubernur Simak Pidato Kenegaraan Jokowi

Gubernur DIY
Ikuti Rapat Paripurna DPRD DIY, Gubernur Simak Pidato Kenegaraan Jokowi

Terkini.id, Yogyakarta – Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengikuti Rapat Paripurna (Rapur) DPRD DIY ke-43 di Gedung DPRD DIY pada Jumat, 16 Agustus 2019.

Rapur kali ini digelar dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI pada Sidang Tahunan MPR RI dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

Turut hadir pula, Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, Forkopimda DIY, dan Gubernur AAU, Marsekal Muda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., serta para ketua dan anggota DPRD DIY. Rapur dipimpin langsung oleh Ketua DPRD DIY, Youke Indra Agung Laksana.

Pelaksanaan Rapur berjalan tertib hingga selesainya Sidang Tahunan MPR RI yang diikuti lewat tayangan langsung televisi nasional. Gubernur DIY, Wakil Gubernur DIY dan Forkopimda DIY juga mengikuti dua Rapur DPRD DIY setelahnya.

Agenda Rapur ialah mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI pada Sidang Bersama DPR-DPD RI dan mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka penyampaian Pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun 2019.

Dalam pidato kenegaraannya pada Sidang Tahunan MPR RI dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Presiden RI, Joko Widodo mengatakan, jika bangsa Indonesia mau bersatu, bersatulah untuk berjuang, bersatu untuk berjalan dijalan perubahan untuk mengangkat masa depan.

“Kita tidak boleh berhenti untuk berkreasi dan berionavasi untuk membangun Indonesia yang maju. Untuk pencapaian itu, kita butuh trobosan yang baru untuk menjawab harapan rakyat yang semakin meningkat,” paparnya.

Menurut Jokowi, para pemimpin bangsa juga harus terus membuat lompatan-lompatan kemajuan untuk mengingkatkan kepercayaan dan kecintaan rakyat. Setiap lembaga dan masyarakat pun harus menjadi institusi yang kuat, karena tidak ada yang bisa berjalan sendiri-sendiri.

“Indonesia maju bisa diciptakan bersama. Saya berharap semua lembaga bisa membingkai satu visi untuk Indonesia yang maju, Indonesia yang hebat untuk tetap mensejahterahkan kehidupan anak-anak bangsa dengan adil dan makmur. Agar bisa dihormati dan disegani oleh bangsa-bangsa lain di dunia. Saya yakin dengan bingkai visi yang sama kita akan semakin kuat solid dalam menghadapi kondisi global,” katanya.

Sementara itu, Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan pun mengucapkan Dirgahayu Indoneaia yang ke-74. menurutnya, cita-cita kemerdekaan Indonesia telah tertuang pada alinea ke-2 Pembukaan UUD 1945, dengan visi agar Indonesia bisa merdeka.

“Jika sudah merdeka, maka kita harus bersatu, dengan bersatu tentu kita berdaulat, dengan berdaulat kita bisa mencapai keadilan, sehingga bisa mencapai kesetaraan. Semua itu dapat dicapaikan apabila kita memiliki SDM yang unggul. Hal ini sesuai dengan tema HUT ke-74 RI, ‘SDM Unggul Indonesia Maju’,” imbuhnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Optimalkan Efektivitas Program, Pemkot Yogya Gelar FGD

Terkini.id, Yogyakarta - Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Yogyakarta mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dalam upaya meningkatkan efektivitas program yang telah dijalankan Pemerintah Kota