Dorong Warga Tertib Adminduk, Pemkot Jogja Bagikan Seribu Akta Kelahiran

Pemkot Jogja
Dorong Warga Tertib Adminduk, Pemkot Jogja Bagikan Seribu Akta Kelahiran

Terkini.id, Yogyakarta – Untuk mendorong masyarakat tertib administrasi kependudukan (Adminduk) Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) membagikan 1000 akta kelahiran.

Pembagian akta kelahiran ini secara simbolis diserahkan oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi di kelurahan cokrodiningratan, kecamatan jetis, Minggu 24 Maret 2019.

Pihaknya menyebut pembuatan akta kelahiran di kota Yogyakarta semakin mudah karena akan dibantu Kader Masyarakat Tertib Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA).

Kader tersebut sudah disebar di seluruh wilayah kota Yogyakarta melalui kampung panca tertib, keberadaan mereka akan sangat membantu warga dalam proses pembuatan dokumen kependudukan.

“Kader Dermatib GISA ini tugasnya mendorong dan memberikan contoh tertib adminduk. Selain itu membantu masyarakat jika ada yang kesulitan mengurus adminduk,” ucap Heroe Poerwadi.

Dengan begitu, Ia memastikan setiap ada warga yang melahirkan akan langsung mendapatkan empat dokumen yakni akte kelahiran, KIA, Kartu Keluarga, dan KMS dari dinas kesehatan.

Sementara itu Kepala Dindukcapil Kota Yogyakarta Sisruwadi menuturkan, tingkat pengurusan akta kelahiran di Kota Yogyakarta mencapa 96 persen untuk 0-8 tahun dan 78 persen untuk semua usia.

“Angka tersebut sudah melampaui angka target nasional yakni 75 persen. Ini membuktikan bahwa masyarakat Yogyakarta semakin menganggap penting dokumen kependudukan,” urainya.

Dengan kesadaran masyarakat tersebut, pihaknya optimis bahwa Yogyakarta tertib adminduk akan terwujud dengan capaian angka 100 persen.

Ia meminta masyarakat agar meningkatkan kesadarannya dalam mengurus dokumen pendudukan yakni ktp kk dan akte kelahiran.

Karena, menurutnya, saat ini semua kebutuhan dasar masyarakat mengacu pada dokumen tersebut. Ia mencontohkan, dalam pengurusan bpjs, KMS hingga membuat paspor pun pasti akan membutuhkan dokumen dasar tersebut.

Salah satu penerima akta kelahiran Sri Wartini mengaku puas dengan pelayanan tersebut, menurutnya proses pengurusan akat kelahiran saat ini sangat mudah. Ia juga mengaku terbantu dengan adanya kader Dermatib GISA yang berada di di Kelurahan Cokrodiningratan.

Berita Terkait
Komentar
Terkini