Dilepas Wawali, ACT Yogyakarta Kirim Bantuan ke Korban Tsunami Banten dan Lampung

tsunami banten
Dilepas Wawali, ACT Yogyakarta Kirim Bantuan ke Korban Tsunami Banten dan Lampung

Terkini.id, Yogyakarta – Bantuan sosial terus mengalir untuk korban tsunami Banten dan Lampung. Kali ini bantuan datang dari berbagai kalangan seperti Aksi Cepat Tanggap Bencana (ACT), Koran Kedaulatan Rakyat, UII, serta seluruh lapisan masyarakat Yogyakarta.

Bantuan tersebut dimuat 5 truk dan dilepas langsung oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi di halaman Balaikota Yogyakarta, Senin 4 Februari 2019.

Ketua Aksi Cepat Tanggap Bencana Indonesia chapter Yogyakarta, Bagus Suryanto menjelaskan bahwa kegiatan ini akan difokuskan di posko bantuan wilayah Jalan Kadu Oncok Babakan Lor Cikedal, Kabupaten Pandeglang Banten. Bila tidak ada hambatan selama perjalanan, rombongan akan tiba sampai Lombok pada tanggal 5 Februari 2019.

“Untuk kegiatan ini kita membawa beberapa barang yang dikumpulkan oleh rekan- rekan Aksi Cepat Tanggap Bencana  yakni berbagai macam barang meliputi pakaian baru, oerlengkapan bayi, perlengkapan wanita, selimut, alas tidur, dan tenda serta beberapa perlengkapan lain. Disana kita juga melakukan kegiatan sebagai relawan dan memberikan bantuan tim trauma illing, guru dan pendidikan serta fasilitas sekolah sementara,” jelas Bagus Suryanto.

Sebagai salah satu tim relawan Bagus, mengungkapkan bahwa kegiatan bantuan kemanusiaan di Bnaten dan Lampung  ini adalah kegiatan yang kedua.

“Dari ACT pernah memberikan bantuan yang pertama tiga hari setelah terjadinnya bencana pada daerah tersebut berupa bahan pokok makanan,” ungkapnya.

Kegiatan Bantuan Kemanusiaan ini didukung dan disambut baik oleh Pemerintahan Kota Yogyakarta.

Heroe Poerwadi menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut memiliki manfaat yang baik untuk mewadahi keinginan donatur  memberikan donasi untuk korban terdampak bencana.

“Saya menyambut baik atas inisiatif ACT,UII, teman teman KR, dan media yang lain, yang menghimpun dana, kebersamaan masyarakat dalam memberi respon terhadap kondisi yang segera kita bantu, itu merupakan bagian dari upaya kita untuk membagun solidaritas mungkin masyarakan ingin memberikan bantuan tetapi tidak tau lewat mana menyampaikannya, dengan hal seperti yang dilakukan ACT ini akan memberikan kepastian jaminan pada donatur untuk menyampaikan bantuan,” jelas Heroe Poerwadi.

Ia berharap dengan adanya  kegiatan bantuan kemanusiaan seperti ini, nantinnya akan menjadikan Kota Yogyakarta menjadi wilayah yang memungkinkan seluruh warga untuk menyampaikan donasi dan bantuan agar membantu menyelesaikan persoalan yang ada di tempat bencana.

Kegiatan Bantuan Kemanusiaan ini membawa rombongan yaitu, 5 truk yang membawa bantuan logistik  dan juga beberapa relawan dari rekan-rekan Aksi Cepat Tanggap Bencana serta Kepolisian yang menjaga keamanan bantuan bencana hingga sampai pada daerah terdampak bencana.

Komentar
Terkini
News

KPU Jogja Mulai Distribusikan Logistik Pemilu

Terkini.id, Yogyakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta hari ini mendistribusikan seluruh logistik pemilihan umum (pemilu) 2019 ke seluruh kecamatan dan kelurahan se