Buntut Kekerasan Seksual Mahasiswa, UGM Bakal Perketat Prosedur KKN

UGM
Universitas Gadjah Mada (UGM)

Terkini.id, Yogyakarta – Kasus dugaan kekerasan seksual di UGM yang melibatkan mahasiswa akhirnya berakhir damai, Senin 4 Februari 2019 kemarin.

Namun begitu, peristiwa yang terjadi saat KKN di Pulau Seram Maluku Juli 2017 lalu menjadi sorotan tersendiri di Kampus Biru tersebut.

Rektor UGM Prof Panut Mulyono mengatakan pihak kampus telah membentuk tim dengan ketua Prof Muhadjir Darwin untuk membenahi standar operasional prosedur pelaksanaan KKN.

Hal tersebut menurut Panut penting dilakukan sebagai antisipasi agar kasus serupa tak lagi terjadi di kemudian hari.

“UGM sudah membentuk tim yang diketuai Prof Muhadjir Darwin untuk membuat SOP yang harus dibekalkan pada mahasiswa/i kami agar kasus serupa tak terjadi lagi. Ini pencegahan melalui peraturan dan tindakan,” ungkap Panut pada wartawan.

Di sisi lain pihak kampus menurut Panut juga melakukan upaya antisipasi penanganan menyeluruh ketika nantinya terjadi kasus kekerasan seksual yang terjadi di wilayah UGM.

“Namun jika terpaksa terjadi maka SOP penanganan juga sudah dibuat dan langkah serta prosedurnya sangat jelas dan cepat. Tapi harapan UGM kasus ini adalah yang terakhir, maka kami coba preventif dengan aturan dan pencegahan,” sambung Rektor.

Rektorat menyatakan bahwa UGM belajar banyak dari peristiwa yang terjadi pada mahasiswanya ini. Kesempatan tersebut dimanfaatkan untuk melakukan pembenahan sekaligus melengkapi hal yang kurang selama ini.

“Apa yang kurang akan kami benahi. Kami berikan pengarahan pada mahasiswa apa yang boleh dan tak boleh dilakukan dalam tugas KKN itu,” imbuh Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan UGM Djagal Wiseso Marseno. (krjogja.com)

Komentar
Terkini
News

Pemkot Targetkan BPRS Yogyakarta Berdiri Tahun 2020

Terkini.id, Yogyakarta - Pemerintah Kota Yogyakarta merencanakan pendirian Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS). Ditargetkan berdiri pada 2020, BPRS Yogyakarta diharapkan bisa menjadi alternatif baru