Buka Pembekalan Anggota DPRD Yogya, Ini Harapan Walikota Haryadi Suyuti

Terkini.id, Yogyakarta – Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti membuka secara resmi kegiatan orientasi/pembekalan anggota DPRD Kota Yogya periode 2019-2024 yang dilangsungkan di Hotel Rose In Yogyakarta, Kamis, 31 Oktober 2019.

Pada kesempatan tersebut,Walkota menyampaikan bahwa orientasi bagi anggota DPRD bertujuan untuk membekali dengan ilmu pemerintahan, memahami tugas pokok dan fungsi DPRD sebagai mitra pemerintah yang merupakan bagian dari pemerintahan, serta meningkatkan semangat pengabdian pada bangsa dan negara.

Menurutnya orientasi ini merupakan upaya meningkatkan daya guna para wakil rakyat dalam mengemban tugas pemerintahan, pembangunan serta kemasyarakatan menuju terwujudnya Pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

“Untuk itu hubungan keduanya, antara legislatif dan eksekutif sebagai mitra harus dijaga, serta harus selalu sinergi dan menjaga harmonisasi, sehingga sebagai mitra pemerintah diharapkan dapat berperan dalam pembangunan Kota Yogyakarta kedepan,” ungkap Walikota.

Ia pun mengingatkan bahwa tantangan ke depan bagi Kota Yogyakarta akan semakin dinamis dan kompleks. Tata ruang, lingkungan hidup, penyediaan ruang terbuka publik, kemudahan akses pendidikan dan kesehatan serta komitmen dalam membangun Kota Inklusi yang ramah bagi penyandang disabiliatas tentunya menjadi perhatian kita bersama.

“Oleh karenanya melalui kegiatan orientasi ini Pemerintah Kota Yogyakarta mengajak peran aktif anggota DPRD untuk duduk bersama, saling mengingatkan dalam kebaikan serta memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” katanya.

Walikota menyadari bahwa Pemkot Yogya tentunya tidak dapat bekerja sendiri, sehingga membutuhkan mitra dari Legislatif dalam menjawab ekspetasi masyarakat akan sebuah Kota yang layak huni dan ideal dari segala aspek.

“Kita semua menyadari saat ini masyarakat sudah semakin cerdas dan kritis dalam menyikapi segala dinamika dan perkembangan terkini isu-isu yang terjadi. Oleh karenanya, Pemerintan dan Legislatif juga senantiasa berupaya agar mampu meredam dan mengatasi segala gejolak yang terjadi dengan kerja nyata yang hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” ungkapnya.

Ia berharap dengan mengikuti orientasi tersebut dapat mengoptimalkan peran DPRD dalam menjalankan tupoksi DPRD. Sehingga terwujud sinergitas dalam pelaksanaan tugas pemerintahan daerah dengan DPRD

Berita Terkait
Komentar
Terkini