Begini Cara Dinas Pertanian dan Pangan Jogja Tingkatkan Pertanian

Dinas Pertanian dan Pangan Jogja
Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogya menggelar pameran potensi pertanian

Terkini.id, Yogyakarta – Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogya menggelar pameran potensi pertanian di Lapangan Balaikota Yogya, Minggu 10 Maret 2019. Gelar potensi tahun ini diikuti oleh 34 kelompok tani dari 14 kecamatan.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogya, Sugeng Darmanto mengatakan tujuan utama pameran gelar potensi hasil pertanian adalah untuk meningkatakan ketahanan pangan di masyarakat.

Dengan acara ini masyarakat bisa menyaksikan langsung bagaimana cara memanfaatkan lahan sempit untuk menanam.

Selain itu, pihaknya akan mengembangkan anggrek untuk sarana pembelajaran. Melalui pengembangan anggrek tersebut, lanjutnya, petani anggrek dan penggemar anggrek dapat belajar.

“Jadi nanti akan kita bangun green house untuk memindahkan anggrek-anggrek itu. Salah satunya nanti di Nitikan, ada dua tempat. Anggaran paling tidak 90 juta untuk dua green house,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan jika green house tersebut juga bentuk fasilitas dari pemerintah untuk masyarakat. “Jadi karena ada masyarakat yang menggemari anggrek, maka kami berikan fasilitas yang berorientasi ke masyarakat” katanya

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan gelar potensi pertanian dan pangan diharapakan dapat mendukung peningkatan kualitas lingkungan hidup serta perekonomian.

“Gelar potensi pertanian merupakan sebuah sarana strategis untuk mengembangkan pemasaran dan produksi hasil pertanian dan pangan,” jelasnya.

Selain itu juga sebagai sarana menambah wawasan ilmu pengetahuan mengenai teknik dan metode-metode terbaru dalam perkembangan pertanian dan pangan.

“Kemajuan sektor pertanian dan pangan sangat ditentukan oleh kemampuan membuat inovasi atau mengadopsi teknologi di masyarakat, baik dalam budidaya pertanian dan pangan maupun dalam proses pasca panen dan pengolahannya,” paparnya.

Komentar
Terkini
News

Heroe Poerwadi Lepas Kontingen POPDA Yogyakarta

Terkini.id, Yogyakarta - Ajang bergengsi Pekan Olahraga Pelajar Daerah Tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta diapresiasi oleh Pemerintah Kota Yogyakarta yang diwakili oleh Wakil Walikota
News

Polda DIY Gelar Millenial Road Safety Festival

Terkini.id, Yogyakarta - Polda DIY menyelenggarakan 'Milenial Road Safety Festival' pada Minggu 10 Maret 2019, di Kawasan Titik 0KM Yogyakarta. Kegiatan yang diawal senam pagi ini