Bareng Warga, Wawali Ikut Aksi Bersih di Kampung Jeron Benteng

Jeron Benteng
Bareng Warga, Wawali Ikut Aksi Bersih di Kampung Jeron Benteng

Terkini.id, Yogyakarta – Masih dalam rangka memperingati 30 tahun Jumeneng Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X. Kali ini kegiatan bersih-bersih difokuskan di seluruh kampung yang ada di Jeron Beteng.

Selain membersihkan rumput, aktivitas warga pada Minggu, 7 April 2019 ini, adalah mengecat pagar, dan juga mengumpulkan daun kering.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi yang pada kesempatan tersebut ikut serta dalam kegiatan itu mengatakan jika kerja bakti perlu diberdayakan dan harus diagendakan secara terstruktur oleh warga.

“Yang lebih penting adalah inisiatif warga, karena merekalah yang paling mengenal kondisi lingkungan. Agenda dapat disesuaikan dengan budaya dan kehidupan setempat. Misal, kerja bakti diagendakan pada peringatan hari kemerdekaan, musim penghujan, atau momen lainnya,” ungkapnya di lokasi.

Tak sampai disitu, katanya, kegiatan bersih-bersih tersebut banyak manfaat positif yang bisa didapatkan, selain badan menjadi sehat, kegiatan tersebut juga bisa meningkatkan tali silahturahmi antar warga.

“Mungkin saja antar tetangga tidak tersedia waktu cukup untuk bertemu. Kesibukan kerja membuat silaturahmi tidak berjalan. Dengan kerja bakti, mereka jadi saling bertemu dan mengetahui kabar masing-masing. Mengobrol tentang sekolah anak, pekerjaan, atau tentang rencana atau ide ke depan terkait lingkungan,” ungkap Wawali.

Wawali berharap kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan tersebut dapat memberikan dampak positif ke seluruh warga dan komunitas dalam menjaga kebersihan dan meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

“Bahkan, sikap peduli lingkungan ini bisa ditingkatkan lagi. Misalnya, warga tidak membuang sampah sembarangan dan bisa mengolah sampah menjadi barang berharga, seperti tas, vas bunga, dan lain-lain,” katanya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Pemkot Targetkan BPRS Yogyakarta Berdiri Tahun 2020

Terkini.id, Yogyakarta - Pemerintah Kota Yogyakarta merencanakan pendirian Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS). Ditargetkan berdiri pada 2020, BPRS Yogyakarta diharapkan bisa menjadi alternatif baru