6 Tahun Pengerjaan, Pembangunan Stadion Mandala Krida Akhirnya Selesai

stadion mandala krida
6 Tahun Pengerjaan, Pembangunan Stadion Mandala Krida Akhirnya Rampung

Terkini.id, Yogyakarta – Masa pembangunan dan renovasi Stadion Mandala Krida Yogyakarta yang dimulai sejak 2013 lalu akhirnya selesai.

Kamis, 10 Januari 2019, stadion yang kini berpenampilan jauh lebih menarik dengan fasilitas komplek olahraga komplit diresmikan Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

Kepala Dispora DIY, Aji Baskoro mengatakan beberapa fasilitas penunjang stadion sudah selesai seperti GOR Voli Pasir, lapangan basket, arena papan panjat tebing, mushola dan venue utama stadion sepakbola.

Proses pembangunan sendiri menurut dia dimulai sejak 2013 lalu dengan total waktu pengerjaan 6 tahun.

“Stadion Mandala Krida sendiri kini memiliki fasilitas olahraga menarik seperti lintasan lari berstandar internasional hingga rumput lapangan yang juga memiliki kualitas layaknya stadion di luar negeri,” katanya di lokasi.

Meski siap digunakan, lanjutnya, namun beberapa fasilitas pendukung memang belum selesai seratus persen, diantaranya lampu penerangan lapangan untuk pertandingan malam hari, genzet untuk sumber listrik lampu penerangan pertandingan malam, hingga fasilitas kursi single stadion.

“Fasilitas luar juga masih ada yang kurang yakni pusat jajanan sebagai pelengkap,” sambungnya.

Terdekat, Ia menjelaskan jika Stadion Mandala Krida bakal digunakan sebagai venue Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY XV-2019 pada bulan Oktober mendatang.

“Tak hanya untuk pertandingan atau perlombaan, Mandala Krida rencananya juga akan dijadikan venue upacara pembukaan dan penutupan,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi berharap dengan sudah bisa digunakannya kembali Stadion Mandala Krida dapat meningkatkan pembinaan atlet DIY terutama atlet Kota Yogya.

“Dengan fasilitas yang tersedia, diharapkan prestasi atlet juga bisa berbanding lurus. Ini harus bisa dimanfaatkan atlet. Tidak hanya prestasi tingkat nasional, juga bisa level internasional,” terangnya.